Wget – Tool Download di Linux


Short URL

Wget

Siapa sih yang gak kenal dengan perintah ini. Ya betul ini tool untuk download. Banyak fitur-fitur yang belum kita tau termasuk saya yang nulis ini hehhe….

Instal wget

Jika Anda menggunakan versi RPM:

# rpm -ivh wget-*.rpm

Dasar Penggunaan

  • Mengambil URL dengan wget

    # wget http://situs.com

    wget untuk mengambil sebuah URL http://situs.com. Wget akan menyimpan ini di file index.html. Wget akan berusaha mencari alamat situs.com, melakukan koneksi ke server tersebut, lalu mengirim request HTTP untuk meminta URI / ke host situs.com.

Resume

  • Bagaimana jika file yang ingin saya ambil putus di tengah-tengah, saat wget dijalankan lagi maka file tersebut dilanjutkan dari titik putus, tidak di download dari nol lagi?Gunakan opsi -c (continue).
      # wget -c http://www.eng.lsu.edu/mirrors/fedora/iso/2/x86_32/FC2-i386-DVD.iso

    Opsi -c akan melanjutkan download yg pernah dilakukan apabila terputus

Retry

  • Bagaimana jika download terputus di tengah-tengah, wget tidak langsung berhenti melainkan mencoba lagi?Gunakan opsi -t (tries), diikuti sebuah angka. Dengan opsi ini Anda dapat mengatur berapa kali wget sebaiknya melakukan retry jika koneksi putus di tengah-tengah. -t 2 berarti coba hanya dua kali. Sebutkan -t 0 untuk mencoba tanpa kunjung lelah (alias, sebanyak tak hingga kali). Umumnya memang -t 0 yang dipakai, karena toh kita tidak pernah tahu berapa kali koneksi akan putus di perjalanan. Mirip dengan fitur resume, retry ini hanya bisa dilakukan jika server yang kita mintai mendukungnya. Tepatnya, retry hanya mungkin jika server mengeluarkan header Content-Length, sehingga wget dapat tahu berapa ukuran asli file yang diminta (dan jadi tahu bahwa jika yang terdownload masih lebih kecil ukurannya, berarti memang belum selesai). File-file statik secara otomatis diberi Content-Length oleh IIS, Apache, atau webserver lainnya. Tapi konten dinamik (termasuk PHP/ASP/SSI misalnya) umumnya tidak memberikan Content-Length sehingga wget tidak dapat melakukan retry. Meskipun demikian, ada trik-trik untuk bisa tetap melakukan retry, yang akan ditunjukkan nanti.Ada opsi lain yang berhubungan dengan retry, yaitu --waitretry, yaitu berapa lama jeda (dalam detik) wget harus menunggu sebelum melakukan koneksi ulang. Defaultnya adalah 0, yaitu langsung mencoba koneksi ulang. Jika server yang kita minta melakukan banning kepada peminta yang terlalu sering melakukan koneksi, maka kita bisa menunggu dulu beberapa saat sebelum retry.

Jadi, berikut perintah untuk melakukan retry terus sampai seluruh file terdownload, tapi menunggu 1 menit di setiap kali sebelum retry. Jangan lupa memberi -c, sebab jika tidak maka wget akan mendownload dari awal setiap kali retry (Meskipun memang, jika servernya tidak mendukung resume, maka dengan -c pun wget harus mendownload dari awal).

    wget -c -t0 --waitretry 60 http://www.eng.lsu.edu/mirrors/fedora/iso/2/x86_32/FC2-i386-DVD.iso

Download dan di Tinggal

  • Saya mendownload file besar di server lewat telnet/SSH, tapi meskipun wget otomatis melakukan resume dan retry, saya harus bengong menunggu wget sampai selesai. Jika window telnet saya tutup, maka wget mati dan download tidak dilanjutkan. Bagaimana supaya saya bisa menyuruh server mendownload file lalu saya sendiri keluar dan offline?Gunakan opsi -b (background).
      # wget -c -t0 

      Share and Enjoy

2 Thoughts on “Wget – Tool Download di Linux

  1. k4v4r1 on 16 February 2009 at 16:58 said:

    salam,
    terimakasih tipsx yg ok buanget, tapi masih ada yg kurang, bagaimana caranya supaya download dgn wget bisa langsung start jika kompi restart,ato dihidupkan kembali.
    thax

  2. paidjo on 18 February 2009 at 14:26 said:

    bisa menggunakan cron tab.. wget kan dirancang untuk bisa download continue, jadi walaupun belum selesai downloadnya. Asalkan pada awal download disertakan option -c misalnya:
    wget -bct0 http://paidjo.web.id/linux.iso
    untuk melanjutkan lagi tinggal ketik dengan perintah yang sama seperti diatas maka download akan melanjutkan sisa yang belum terselesaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


5 + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons

Post Navigation