Awas! Kacang Kedelai Kurangi Jumlah Sperma

By | 1 August 2008

Kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein bagi tubuh. Namun sebuah penelitian menunjukan, konsumsi kacang kedelai dapat akibatkan jumlah sperma berkurang.

Adalah Dr Jorge Chavarro dari departemen nutrisi Universitas Harvard yang melakukan penelitian. ia mengambil data dari 99 pria yang menkonsumsi jenis makanan yang terbuat dari kacang kedelai.

Baca :   Teman di Facebook "Tidak Nyata"

Makanan tersebut termasuk tofu, tempe, susu kacang kedelai, ice cream, snack bar, kacang goreng. Dikutip detikhot dari health24, Jumat (25/7/2008), hasil penelitian itu cukup mengejutkan.

Jorge menemukan bahwa pria-pria yang mengkonsumsi makanan dari kacang kedelai lebih banyak memiliki jumlah sperma yang sedikit atu rata-rata 41 juta per mililiter semen.. Sedangkan pria yang tak mengkonsumsi banyak kacang kedelai memiliki jumlah sperma normal, yaitu rata-rata 80 juta sampai 120 juta per mililiter semen.

Baca :   Lowongan CPNS 2008

Menurut Jorge, hal itu disebabkan karena kandungan isoflavons yang terdapat di kacang kedelai. Zat tersebut dapat merangsang munculnya hormon oestrogen yang mengakibatkan jumlah sperma menjadi sedikit.

Yang perlu diperhatikan dari penelitian ini, bahwa pada pria yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, resiko diatas menjadi lebih besar. Karena pada dasarnya pria gemuk di tubuhnya memiliki lebih banyak hormon oestrogen.

Baca :   Foto Skandal Seks DPR RI
Amelia Ayu Kinanti – detikhot
http://www.detikhot.com/read/2008/07/25/172911/978030/227/awas!-kacang-kedelai-kurangi-jumlah-sperma
Share and Enjoy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Comments : *

[+] kaskus emoticons