Konsisten Garap Open Source, LIPI Rilis IGN 2009

By | 9 November 2009

Tetap konsisten dengan proyek pengembangan open source, Pusat Penelitian Informatika (P2I) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali merilis update Distro Nusantara. Kode rilis Distro Nusantara kali ini adalah IGN 2009.

Dalam acara launching yang juga berbarengan dengan Seminar Nasional Tentang Open Source Software di Ballroom Hotel Jayakarta ini, P2I LIPI mendemonstrasikan IGN 2009 ini yang merupakan pengembangan dari Distro Nusantara terdahulunya, Igos Nusantara.

“Kita konsisten dengan hal ini. Tiap tahun kita kembangkan dan kita rilis,” ujar Kepala P2I LIPI Tigor Nauli kepada detikINET di sela-sela acara.

Baca :   10 Langkah Menyambut Ramadhan

Senada dengan Tigor, Ketua Tim Pengembang IGN 2009, Ana Heryana juga mengatakan bahwa IGN 2009 saat ini adalah versi penyempurnaan dari yang sebelumnya. Bahkan dirinya pun mengklaim bahwa sistem operasi ini bisa berjalan di hampir semua perangkat keras.

“Ya 90 persen kita optimis semua hardware bisa terdeteksi. Kecuali mungkin untuk hardware keluaran paling baru. Yang keluar setelah pertengahan tahun mungkin belum terdeteksi,” katanya menjelaskan.

Baca :   Enam Aplikasi Pencuri di Facebook Dimatikan

IGN 2009 ini tersedia dalam 3 tipe media yaitu IGN2009 DVD Installer, IGN2009 LiveCD GNOME dan IGN2009 LiveCD LXDE (minimalis).

“Ada 3 tipe yang kita sediakan. Kita berharap ini dapat menjadi solusi dari kebutuhan masyarakat terhadap sistem operasi alternatif. Bahkan untuk yang versi DVD Installer itu sangat lengkap. Karenanya ukurannya pun sekitar 4,2 gigabyte. Ada sekitar 3.800 file aplikasi yang bisa dipilih dan diinstalkan,” terang Nana Suryana, peneliti sekaligus salah seorang tim pengembang utama IGN 2009 di tempat yang sama.

Baca :   Meta Tag sebagai Optimization Web

Disinggung mengenai distribusi IGN 2009 ini, Nana menjawab bahwa bagi masyarakat yang ingin mendapatkannya bisa saja mengunduh di http://repo.igos-nusantara.or.id/iso/2009. Selain itu bisa juga didapatkan langsung di Igos Center. ( afz / fyk )

sumber:detikinet.com
Share and Enjoy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Comments : *

[+] kaskus emoticons