Mata Bisa Jadi Tanda Sakit Jantung, Bahkan Kematian

By | 14 August 2008

Berjuta hal yang dikatakan mata. Tidak hanya ungkapan perasaan, tetapi juga tanda-tanda penyakit jantung, bahkan kematian.

Dari mata, bisa diketahui ada tidak kerusakan mata berupa retinopathy. Penyakit mata yang dialami penderita diabetes inilah yang kemudian menunjukkan tanda-tanda kerusakan pada jantung.

Hal ini merupakan hasil penelitian tim Universitas Sydney dan Universitas Melbourne, Australia, dan Universitas Nasional Singapura. Demikian dikutip dari Reuters, Rabu (13/8/2008).

Baca :   Download lagu "Chaiyya Chaiyya" Polisi Gorontalo

Penelitian ini memotret retina 3 ribu orang yang sebagian besar menderita diabetes. Sejumlah gambar diambil untuk melihat apakah retinopathy sudah mulai menyerang penglihatan mereka. Rekam medis mereka kemudian diteliti.

“Dalam 12 tahun, 353 partisipan atau 11,9 persen telah diserang penyakit jantung koroner yang dekat dengan kematian,” demikian bunyi laporan yang dipublikasikan di jurnal Heart ini.

Baca :   Web Blog

Tim yang dipimpin oleh Gerald Liew dari Universitas Sydney ini menyebut orang yang menderita retinopathy memiliki risiko dua kali lebih dekat dengan kematian akibat penyakit jantung.

Mereka menemukan retinopathy meningkatkan risiko penyakit jantung seperti halnya diabetes. Selama ini, diabetes diketahui meningkatkan risiko penyakit jantung, yang memicu kematian di sejumlah negara industri dan negara berkembang.
(fiq/iy)

Baca :   Pagerank 4 (PR4) dalam Waktu 2 Bulan
www.detik.com
Share and Enjoy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Comments : *

[+] kaskus emoticons