Vector Linux 6.0 Standart Edition

By | 15 June 2009

Setelah sekitar 10 tahun dirilisnya versi pertama, sekarang team VectorLinux mengumumkan versi baru dari Edisi Standar. Sistem operasi Linux memiliki installer dengan Antarmuka Grafis untuk pertama kalinya, dikembangkan oleh Moises Henriquez (M0E-lnx) dan Uel Archuletta (uelsk8s). Vector Linux 6 telah membenahi beberapa fiture sehingga lebih stabil, bersih dan cepat, selain itu juga Vector Linux 6 lebih mudah untuk menginstal, mengkonfigurasi, dan digunakan.

Fiture dan Applikasi

Desktop

Dengan menggunakan Desktop Xfce 4.4.3, dengan Lxde dan Openbox sebagai pilihan. Xfce menyediakan beberapa pilihan dengan fitur yang mudah digunakan dan rendahnya sumber daya yang sangat baik digunakan untuk PC Desktop maupun Laptop. Hasilnya adalah sistem yang sangat responsif memungkinkan multitasking nyaman bahkan pada hardware lama. Akan memberikan akses cepat dan mudah untuk aplikasi canggih keyboard, dan antarmuka yang cantik yang sangat mudah digunakan.

Baca :   SSL Certificate di Google Chrome Linux (Fedora/Ubuntu)

Dukungan Hardware

Versi ini menyediakan peningkatan besar dalam penggunaan perangkat keras. Sebagian besar driver Linux untuk perangkat nirkabel disertakan. Empat generasi dari driver nVidia mencakup semua chipset nVidia, antara lain Ati driver, perangkat ethernet, pcmcia, usb termasuk webcam dan masih banyak lagi merupakan bagian dari Vector Linux 6.

Baca :   Linux Force fsck

Multimedia

Pemutaran DVD didukung untuk semua codec. VLC, xine, MPlayer Xmms dan akan memastikan bahwa hampir semua format audio dan video yang dapat diputar. RipperX encode CD audio, GtkPod bisa syncronize dengan player portabel dan K3b dan Vburn ada untuk CD dan DVD burning.

Kantor

Abiword untuk memproses teks dan spreadsheet Gnumeric untuk dapat menghasilkan dokumen berkualitas tinggi dan mereka memberikan dukungan untuk membaca dan mengedit format MS Office. Xfce4 Kalender, Scribus desktop sebagai penerbit dan JPilot syncronize disediakan lengkap di menu Office.

Baca :   Install Postfix, Courier authlib, Courier Imap, MySQL, Squirrelmail

Internet dan Jaringan

Disediakan browser-browser terbaik. Firefox, Opera dan SeaMonkey sebagai browser dengan dukungan Flash, Dillo yang ringan sebagai pilihan; Opera mail dan SeaMonkey mail e-mail; aMSN, Chatzilla, X-Chat dan pidgin untuk olahpesan cepat dan IRC. gFtp adalah ftp klien dan aplikasi untuk torrents.

Grafis

Aplikasi grafis dengan  Gimp 2.6 untuk editing gambar, Inkscape untuk gambar vectorial, GQview sebagai view gambar, GTKam untuk kamera digital dan Xpdf sebagai pdf viewer.

sumber: Vector Linux

Share and Enjoy